Kamis, 26 November 2009

Power Supply

Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic

Salah satu komponen berupa kotak tegangan listrik yang menempel pada setiap bagian belakang casing dan memiliki beberapa kabel daya yang akan sisambungkan kepada komponen hardware yang ada di dalam casing.
Fungsi :
1. mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen hardware yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard
2. menyuplai tegangan langsung ke komponen yang memerlukan tegangan arus DC, misalnya harddisk, CD Room, atau kipas.

Ketika komputer dihidupkan, power supply melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses power supply mengirim sinyal khusus kepada motherboard yang disebut power good. Sinyal ini harus secara terus menerus berjalan sewaktu sistem dijalankan Karena ketika terjadi tegangan, AC dan power supply tidak menjaga keluaran dalam toleransi regulasi. Power good signal akan menarik mundur dan memaksa sistem untuk me-reset kembali. Hingga sinyal berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh power good, komputer akan bekerja secara normal.
Konektor power supply biasanya berbentuk “female”, tetapi terdapat juga konektor yang berbentuk “male”. Hal ini tergantung pada peralatan yang membutuhkan tegangan listrik.

Produsen microchip sudah merancang sedemikian rupa komponen termasuk spesifikasi kebutuhan akan arus litrik. Jarak perubahan arus atau tegangan yang melebih batas toleransi ataupun ketidak sesuaian kebutuhan tegangan akan menyebabkan stabilitas komponen menjadi terganggu. Tidak hanya itu, ketidaksesuaian dalam mensuplai daya oleh power supply akan semakin memperpendek usia pakai komputer, terutama komputer rakitan. Banyak sekali merk power supply yang beredar di pasaran, daya yang tertera pada komponen tersebut, misalnya daya output 450 watt, akan tetapi tidak sesuai dengan yang disuplai, bahkan daya yang dihasilkan kurang dari 350 watt. Hal ini akan menyebabkan komputer tidak bekerja secara optimal.

Saat ini, sudah banyak beredar power supply bermerk, seperti ENlight, Cooler Master, Enermax, ThermalTake, Tagan, Zalman, dan lain-lain yang memberikan suplai daya pure sesuai dengan yang tertera pada label. Harganya memang agak mahal dibanding power supply “abal-abal”. Power supply branded seperti ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan daya yang sesuai dan stabil selama pemakaian.
Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Power supply jenis high-end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar