Senin, 23 November 2009

Harddisk dan Jenisnya

Image and video hosting by TinyPic

Harddisk adalah salah satu komponen komputer berbentuk segi empat yang berisi platter, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya yang dilindungi oleh casing yang kuat. Berfungsi sebagai salah satu alat booting komputer, penyimpanan operation system, dan penyimpanan data.


Bagian-bagian penting:
1. Buffer, adalah sebuah memory on-board yang dimiliki, dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dalam proses kinerja harddisk. Buffer juga dikenal dengan sebutan cache. Umumnya harddisk memiliki buffer sebesar 2 Mb, tetapi pada harddisk terbaru saat ini sudah menggunakan buffer sebesar 16 Mb. Semakin besar buffer yang dimiliki harddisk, semakin cepat kinerja yang dilakukan dalam memproses data.

2. Interface
Berdasarkan perkembangannya, harddisk dibedakan menjadi 3 interface, yaitu:
- Harddisk Parallel ATA (PATA)
Digunakan pada komputer dengan menggunakan kabel lebar dan agak besar, yang disebut IDE 40 pin. Harddisk ini mempunyai kecepatan 3.600 rpm (ATA 66), 5.400 rpm (ATA 100), 7.200 rpm (ATA 133)
Image and video hosting by TinyPic
Harddisk PATA

- Harddisk Serial ATA (SATA)
Sama dengan harddisk PATA, hanya perbedaan pada kabel data yang digunakannya lebih tipis dan lebih kecil. Harddisk ini tidak menggunakan jumper seperti harddisk PATA, ukuran kabel yang tipis dan kecil dapat membantu sirkulasi udara di dalam casing. Harddisk SATA memiliki kecepatan putaran cakram hingga 7.200 rpm. Generasi pertama SATA dikenal dengan sebutan SATA I yang memiliki transfer rate maksimal 150 Mb/s. Generasi yang kedua memiliki transfer rate sebesar 300 Mb/s dan akan berkembang terus seiring dengan peningkatan pada transfer rate yang dimilki.
Image and video hosting by TinyPic
Harddisk SATA

- Harddisk SCSI
Harddisk jenis ini rata-rata mempunyai kecepatan 10.000 rpm biasanya dipakai pada komputer server dan menggunakan I/O card, yaitu interface yang menghubungkan antara harddisk dengan mainboard (SCSI Card).

Saat ini telah hadir harddisk dengan teknologi SATA v.3.0. Memiliki kecepatan dua kali dari SATA II. Kecepatan tranfer mencapai 6 Gb/s, dibandingkan SATA II hanya 3 Gb/s. Kecepatan 6 Gb/s akan memberikan tranfer harddisk dijalur SATA mencapai kecepatan maksimum 500 Mb/s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar