Selasa, 22 Desember 2009

Sukses Barcelona

Image and video hosting by TinyPic

Satu Tahun Enam Gelar

Barcelona kini menjelma sebagai tim sepak bola yang paling ditakuti di dunia. Sejak ditangani Meneer Frank Rijkaard, grup sepak bola dari Katalan itu telah berhasil menorehkan prestasinya, baik ditingkat lokal maupun di Benua Eropa. Tahun ini, ketika Pep Guardiola mengambil alih tampuk kepelatihan sang Meneer, Barca semakin menggila dalam mendulang trophy di beberapa kejuaraan. Bayangkan dalam satu tahun ini pasukan dari daerah catalonia ini berhasil menggondol 6 piala dari beberapa kejuaraan. Fantastis! Sungguh suatu prestasi yang tidak pernah diperoleh tim sepak bola manapun.


Image and video hosting by TinyPic
Kehebatan Barcelona dalam beberapa kejuaraan yang diraihnya, Tidak diragukan lagi karena keberhasilan sang pelatih dalam meramu pemain muda asli Katalan dan pemain asing yang dibeli. Pembelian pemainpun tidak jor-joran seperti yang dilakukan pesaing utamanya di La Liga, Real Madrid. Dengan mengandalkan pemain lokal Barca berhasil merengkuh prestasi global. Dalam meramu pemain lokal dan membina menjadi bintang lapangan ternyata merupakan suatu tradisi yang sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu.

Sukses Barcelona juga tidak terlepas dari beberapa pemain yang mempunyai skill diatas rata-rata. Sebut saja Andreas Iniesta dan Xavi Hernández, pemain tengah yang selalu memanjakan penyerang Barcelona dengan umpan-umpan yang matang dan akurat serta kemampuannya dalam menerobos jantung pertahanan lawan.

Yang paling menjadi sorotan adalah si “Bocah Ajaib” dari Argentina, Lionel Messi, dilahirkan dengan postur tubuh yang mungil bahkan hampir tidak mungkin pemain dengan tinggi badan cuma 1,69 m ini dapat berlaga di daratan Eropa yang notabene para pemain yang berlaga mempunyai postur badan yang tinggi dan besar. Tetapi walaupun badannya seukuran orang Asia, dengan keahliannya mengolah bola, sang “Wonder Boy” kerap kali menjelma menjadi seorang penyihir ketika tampil di lapangan, mengecoh lawan dan membuat penonton berdecak kagum dengan aksi-aksi individunya.

Pria yang dijuluki sebagai titisan Maradona ini, memang menjadi roh Barcelona ketika berlaga. Kontribusi Leonel Messí yang diberikan kepada Barcelona sungguh luar biasa dalam setiap kejuaraan yang diraihnya, baik dalam mencetak gol maupun dalam memberikan assist. Pujian, penghargaan, dan berbagai trophy sebagai pemain terbaik memang sudah sepantasnya diberikan kepada pemuda kelahiran Santa Fe ini.

Kesukseskan Barcelona sebagai tim yang disegani di dunia bukanlah semata-mata karena kehebatan satu atau dua orang pemain. Manajeman yang profesional dalam mengelola keuangan klub, kemampuan sang pelatih dalam taktik dan strategi, serta kelihaian dalam meramu pemain, diluar lapangan selalu diciptakan suasana kekeluargaan, sehingga terbina kekompakan pemain dari setiap lini, serta didukung oleh fanatisme pendukung, sungguh membuat penampilan Barcelona Sangat spekatakuler. Selamat!....


Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar