Minggu, 20 Desember 2009

The Special One, Inter Milan, dan Chelsea

Image and video hosting by TinyPic

Liga Champions, Inter vs Chelsea

Undian telah dilakukan, fase knock out pun siap menggusur tim-tim sepak bola yang akan berlaga pada perdelapan final Liga Champions yang akan mulai dipertandingkan pada tanggal 16 Februari 2010 dengan sistem home and away. Salah satu yang menjadi sorotan penggila bola adalah dua kesebelasan dari Italia akan berjumpa dengan Tim-tim dari Inggris, yaitu AC Milan bertemu Manchester United dan yang cukup menarik disini adalah kesebelasan Inter Milan akan melawan Chelsea.

Image and video hosting by TinyPic
Jose Mourinho

Kita ketahui bersama bahwa pelatih Inter Milan, Jose Mourinho adalah mantan pelatih Chelsea. ketika melatih Chelsea, pada tahun pertamanya sebagai manajer di Chelsea (2004-2005), Mourinho berhasil menjadikan Chelsea sebagai juara Liga Utama Inggris setelah masa penantian selama 50 tahun. Pada periode berikutnya, 2005-2006, kembali ia mengantar Chelsea menjadi juara Liga Utama Inggris tanpa kesulitan.
Di tahun ketiga, 2006-2007, Chelsea mengalami banyak cobaan akibat banyaknya pemain utama yang cedera, antara lain kiper utama Petr Cech, kiper kedua Carlo Cudicini, kapten John Terry, serta Joe Cole, yang semuanya memerlukan istirahat panjang. Meskipun demikian, pada perode 2006-2007 ini, Jose tetap berhasil mengantar Chelsea meraih gelar ganda sebagai juara Piala Carling dan Piala FA.
Pada 20 September 2007, Mourinho tiba-tiba memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Chelsea melalui "persetujuan bersama" setelah bertemu dengan para petinggi klub. Dengan hengkangnya Jose dari Chelsea, maka Liga Utama Inggris kehilangan "the special one" (julukan bagi Jose Mourinho) yang terkenal dengan komentar-komentarnya yang selalu menjadi sorotan pers dan para pelatih lainnya.
Usai sembilan bulan tidak melatih, pada Juni 2008, Mourinho resmi diangkat sebagai pelatih Inter Milan menggantikan Roberto Mancini yang dipecat pada Mei 2008. Oleh Massimo Moratti dia ditarget juara Liga Champions 2009 yang finalnya akan digelar di stadion Olimpico, Roma, Italia 27 Mei 2009.
Pada 24 Agustus 2008, Mourinho memenangkan trofi pertamanya bagi Inter di Piala Super Italia usai menundukkan AS Roma 6-5 lewat adu penalti setelah berimbang 2-2 selama 120 menit pertandingan normal plus ekstra time. Harapan merengkuh gelar Liga Champions pupus sudah saat Inter kalah agregat 0-2 di babak 16 besar dari Manchester United pada 11 Maret 2009.
Kepelatihan Mourinho pada musim 2008-09 di Italia termasuk cukup sukses, dengan mempersembahkan trofi Seri A Italia sekaligus gelar ke-17 bagi Inter. Atas keberhasilan ini, kontraknya diperpanjang hingga 2012. Musim 2009-2010, memasuki musim dingin, Inter masih berada di puncak klasemen diikuti oleh pesaing utamanya yaitu Ac Milan dan Juventus.
Pertandingan antara Inter Milan melawan Chelsea kali ini memang sarat dengan nuansa, pertandingan yang mempertemukan kembali antara The Special One dengan mantan para anak kesayangannya ketika dia masih di Chlesea, seperti Didier Drogba, Frank Lampard dan Jhon Terry bukanlah pertemuan dalam acara wine party, tetapi mereka akan saling “bunuh” membela timnya masing-masing agar tetap eksist melenggang pada babak berikutnya. Pada babak knock out kali ini, Inter akan lebih dahulu menjamu The Blues pada 24 Februari 2010 kemudian Inter akan bertandang ke Stanford Bridge pada 16 Maret 2010.
"I don't have much to say," kata Jose menanggapi pertandingan antara anak didiknya yang akan melawan mantan anak-anak kesayangannya, "It's all former. As a professional, I look at the game no differently than I would against Manchester United, Arsenal or another team", tambah The Special One, seperti yang diberitakan Soccerway.com.

Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar