Jumat, 09 April 2010

Soto Solo

Soto Solo
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic
Kota Solo, selain dikenal karena masyarakatnya yang lemah lembut, lalu lintas di kotanya yang tertib, juga masakannya yang enak dan murah. Ketika masuk ke salah satu resto di kota Solo, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati masakan yang enak dan lezat, tentunya masakan tradisional, bukan masakan branded. Apalagi kalau anda makan di warung yang berjualan di pinggir jalan harganya akan lebih murah lagi, citarasanya pun tetap enak. Salah satu masakan khas kota Solo adalah Soto Solo.


Image and video hosting by TinyPic
Soto Gobyos di daerah Karang Anyar, warung lesehan.

Jenis masakan ini banyak dijual di kota Solo dan daerah sekitarnya. Kebetulan kami telah mencicipi dari beberapa rumah makan yang menyajikan soto tersebut. Rasanya memang tidak jauh berbeda, mungkin boleh dikatakan sama lezatnya. Harganya murah banget untuk porsi mangkuk kecil cuma Rp2.500, plus nasi yang memang sudah dicampur menjadi satu yang merupakan ciri khas soto solo. Kalau di Resto Soto Pak Min, Kartosuro, penyajiannya dalam porsi mangkuk besar harganya cuma empat ribu perak. Biasanya penjual soto solo menyajikan pula gorengan ati-rempela, tahu-tempe, serta risol, juga kerupuk.

Masakan berkuah yang bahan bakunya terdiri dari daging ayam/sapi, soun, dan taoge, serta aneka bumbu dan rempah-rempah, ditambah irisan daun seledri yang dipotong agak kasar, aroma perasan jeruk nipis pada kuahnya memang menjadikan citarasa soto solo menjadi lebih nikmat dan mengundang selera. Apalagi kalau dipadukan dengan tahu goreng yang legit dan renyahnya keripik tempe. Mak nyooos….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar