Selasa, 31 Juli 2012

Nabi Adam as ke Dunia


Turunnya Nabi Adam as ke dunia
Sebagai konsekuensinya dan sudah menjadi sunnatullah bahwa, siapapun orang yang melanggar pada aturan-aturan yang telah di tetapkan Allah swt. itu pasti akan ada sanksinya. Demikian pula halnya dengan Nabi Adam as, beliau bersama Hawa menerima hukuman karena melakukan apa yang Allah swt telah melarangnya.
Nabi Adam as saat diusir dari surga dan diturunkan ke dunia beliau menangis berkepanjangan, menurut sebuah riwayat; Nabi Adam as sempat menangis selama tiga ratus tahun dan selama itu juga beliau menundukkan kepalanya sambil tidak henti-hentinya mengucapkan kalimat/stighfar memohon ampun atas apa yang telah diperbuatnya.

Ketika Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Adam as tentang tangisannya yang berkepanjangan ini, beliau menjawab;
"Bagaimana aku tidak menangis bakankah aku telah dikeluarkan dari surga rumah yang penuh dengan kenikmatan menuju ke dunia sebagai tempat yang dihiasi dengan fitnah, ujian dan cobaan.'
Dari perkataan dan ungkapan Nabi Adam as ini, kita memahami bahwa dunia ini mempakan rumah yang penuh dengan ujian dan cobaan, tempat bekerja dan beramal, sedang surga adalah tempat penuh kenikmatan dan waktu untuk menikmati hasil usaha.