Selasa, 31 Juli 2012

Bala

Ujian dan Cobaan

Bala kata-kata Bala disebutkan dalam kitab al-Mu'jam Al-Wasith; "Adalah suatu kejadian yang ditimpakan Allah swt  kepada hamba-Nya dalam rangka untuk menguji dan mencoba kadar keimanannya".
Menurut Abu Haitsam dan Al-Harawi; "Bala itu merupakan sebuah ungkapan yang diperuntukkan pada sesuatu yang bersifat baik dan dapat juga digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang mengandung keburukan, bala pada dasarnya, mempunyai arti ujian dan cobaan".
Imam Ibnu Atsir dalam kitabnya An-Nihayah, jilid 1 hal.155 menyebutkan beberapa hadits dari Rasulullah saw yang mempunyai arti dan menunjukkan bahwa makna kata-kata ‘Bala’ itu dapat mempunyai beberapa arti, seperfi; ujian, kenikmatan, keburukan atau yang sejenisnya dll.
Ketika seorang Muslim mendapatkan sebuah nikmat lalu dia mengingat dan yakin bahwa semua nikmat yang diperolehnya tersebut bersumber dari Allah swt maka orang itu termasuk dari golongan orang-orang yang bersyukur.
Ujian dan cobaan tidak akan pernah hilang dari kehidupan setiap mahluk Allah swt, selama kita masih Hidup di dunia maka selama itu juga ujian tidak akan pernah hilang, dengan adanya ujian dan cobaan ini maka kehidupan seseorang akan mengalami perubahan dari satu kedudukan ke kedudukan lainnya, bahkan dengan adanya ujian ini seseorang yang rendah menjadi tinggi dan sebaliknya tidak sedikit dengan ujian ini yang mulanya tinggi menjadi rendah karena gagal dalam menjalaninya.
Rasulullah saw selain menganjurkan dalam menjalani ujian dan cobaan itu dengan penuh kesabaran, beliau juga telah mengajarkan kepada orang Muslim untuk selalu memohon kepada Allah swt agar diberikan ujian dan cobaan yang mudah dan ringan bagi dirinya.
Karena kasih-sayangnya Allah swt kepada hamba-hamba-Nya maka Dia tidak akan pernah menurunkan Ujian atau cobaan di luar kemampuan seseorang. 
Abu Hurairah ra bertanya kepada Nabi Muhammad "Ya Rasul, siapakah diantara manusia ini yang mendapatkan bala' atau ujian terberat? Rasulullah saw menjawab:
       "Para Nabi kemudian orang-orang Sholih dan yang yang serupa dengan mereka".