Selasa, 31 Juli 2012

Kehidupan Dunia


Dunia 

Adalah sebuah alam kehidupan yang beragam dan unik, sebab kehidupannya tidak hanya terdiri dari satu macam keadaan melainkan beragam, suka-duka, bahagia-sedih, tertawa-menangis, sehat-sakit dan hidup-mati semuanya terdapat dalam kehidupan dunia kejadian ini mempakan hal biasa dan sudah menjadi rutinitas yang menghiasi kehidupan dunia.
Sebagian orang berpandangan bahwa, seseorang itu dalam keadaan dirahmati dan dikasih sayangi Allah swt, bila telah meraih kedudukan tinggi dalam kehidupan dan harta yang melimpah, serta hidup dalam keadaan sehat dan selamat dari berbagai bencana. Di sudut lain tidak sedikit dari mereka yang meremehklan dan menganggap tidak sukses bahkan dianggap sedang dimurkai Allah swt jika seseorang hidup dalam kemiskinan, tidak memiliki kedudukan, selalu ditimpa penyakit dan diselimuti dengan berbagai kesulitan.
Lalu bagaimana sebenarnya pandangan Islam terhadap berbagai kejadian dan variasi hidup yang menghiasi manusia ini? Apakah barometer dan tolok ukur kebahagian manusia itu dilihat dari "Kesenangan" menurut pandangan kaca mata manusia saja?, atau mungkin "kesulitan" itu tidak harus menjadi tanda sukses dan gagalnya dalam kehidupan seseorang, karena boleh jadi dalam "kesulitan" itu terkandung beragam kebahagiaan dan awal kesuksesannya, dan sebaliknya dalam "kesenangan" terkandung kemurkaan dan awal mula kehancurannya.
Allah swt telah menjelaskan bahwa, Islam merupakan agama yang diridhai dan memiliki ajaran yang sempurna tidak ada suatu permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan akherat kecuali telah dibahas dan dikupas secara tuntas.
"Kesulitan" adalah salah satu kejadian yang banyak terjadi bahkan karena banyaknya kesulitan yang menimpa dunia terlebih di masa sekarang ini maka tidak berlebihan kiranya jika kita katakan bahwa, "kesulitan" seakan-akan sudah menjadi hiasan dunia yang tidak pernah dilepasnya.
Agama Islam saat berbicara tentang "kesulitan" menggunakan beberapa istilah yang berbeda, terkadang mengungkapkan dengan menggunkan kalimat; Musibah, Bala, dan Azab.