Selasa, 05 Januari 2010

Stadion Piala Dunia 2010

Image and video hosting by TinyPic

sekilas Stadion Piala Dunia Afsel

Setelah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010, Afrika Selatan berusaha berbenah diri untuk mempersiapkan pertandingan yang paling bergengsi di kancah sepak bola dunia. “sudah menghabiskan hampir 20 milyar Rand untuk membangun infrastruktur dan proyek-proyek yang berkaitan dengan final Piala Dunia 2010”. Kata Menteri Olah Raga Afsel, Mike Stofile, kepada the SAPA News Agency, seperti yang diberitakan worldcup2010southafrica.com pada maret 2008 lalu.

Image and video hosting by TinyPic

Final Piala Dunia 2010 memang menelan biaya yang cukup fantastis, hampir dipastikan akan menghabiskan dana 30 milyar Rand atau sama dengan 3,7 milyar Dolar Amerika. Jumlah uang yang hampir setara dengan 35 triliyun Rupiah itu juga digunakan untuk membangun dan merenovasi stadion. Seperti deiketahui Pemerintah Afsel telah mempersiapkan sepuluh stadion dalam pagelaran sepak bola yang diikuti oleh negara dari seluruh benua. Berikut ini adalah 10 stadion Piala Dunia 2010:
1. Soccer City, Johannesburg
Dalam menyelenggarakan turnamen Piala Dunia 2010, Stadion ini telah mengalami banyak perubahan. Desain baru, corak dan bentuk bangunan yang menyerupai pot/gerabah adalah karena terinspirasi dari tembikar tradisional Afrika. Gedung yang konstruksi bangunannya digarap oleh Grinaker-LTA, serta diarsiteki oleh Boogertman and Partners, spesialis arsitektur fasilitas olah raga dan convention center ini dapat menampung penonton sebanyak 94.700 orang.

2. Ellis Park, Johannesburg
Stadion sepak bola yang dikenal dengan nama Coca Cola Park ini juga digunakan untuk pertandingan olahraga rugby, selain itu juga dipakai sebagai tempat pagelaran konser. Stadion yang terletak di kawasan pusat oleh raga berkelas dunia ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari pusat kota Johannesburg hanya dengan waktu kurang dari 15 menit. Dengan kapasitas 62.567 orang, stadion ini cukup ideal dalam menyelenggarakan pertandingan sepakbola dunia.

3. Moses Mabhida Stadium, Durban
Stadion yang namanya diambil dari nama seorang bekas Sekjen Partai Komunis Afsel ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti restoran, pusat perbelanjaan, tempat bermain untuk anak-anak, serta jalan setapak yang menghubungkan komplek stadion menuju pantai. Stadion yang berkapasitas 70.000 orang ini, diatasnya membusur sebuah tiang melengkung dengan panjang 350 m setinggi 105 m, mengingatkan pada stadion Wembley, Inggris.

4. Green Point, Cape Town
Stadion yang terletak antara daerah perbukitan yang dikenal dengan nama Signal Hill dan Samudera Atlantik berdekatan dengan pusat kota Cape Town, berkapasitas 70.000 orang. Stadion yang sebagian areanya dibangun lapangan golf ini, juga dapat digunakan dalam acara-acara kolosal dan konser musik.

5. Mbombela Stadium, Nelspruit
Salah satu dari stadion yang akan menyelenggarakan pertandingan piala dunia ini terletak di lokasi kira-kira 7 km dari pusat kota Nelspruit, dan 12 km dari bandara Kruger Mpumalanga. Gedung yang namanya diambil dari salah satu bahasa resmi Afsel ini dapat menampung penonton sebanyak 43.500 orang.

6. Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg
Dalam rangka sebagai tuan rumah penyelenggaraan sepak bola Piala Dunia 2010, stadion ini menambahkan jumlah kursi penonton yang semula berjumlah 38.000 menjadi 42.000 kursi. Sebelumnya stadion ini juga dipersiapkan untuk kejuaraan sepak bola Piala Konfederasi 2009. Letaknya cuma 12 km dari pusat kota Rustenburg.

7. Loftus Versfeld Stadium, Pretoria
Stadion yang terletak di Tshwane/Pretoria adalah termasuk stadion tertua yang terdapat di Afsel. Menurut fifa.com stadion ini pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan ajang olah raga sejak tahun 1903 yang pada awalnya hanya dapat menampung sekitar 2.000 penonton, pada saat ini sudah dapat menampung lebih dari 50.000 orang. Di stadion ini pula pernah dilangsungkan kejuaraan dunia olah raga rugby selama tahun 1995.

8. Peter Mokaba Stadium, Polokwane
Nama stadion ini diabadikan untuk mengenang kemasyhuran Peter Mokaba, nama seorang pejuang yang lahir di Polokwane yang gigih menentang rejim Apartheid. Mempunyai kapasitas 46.000 orang dan hanya berjarak 5 km dari pusat kota.

9. Nelson Mandela Bay Stadium, Porth Elisabeth
Salah satu dari tiga stadion penyelenggara Piala Dunia 2010 yang dibangun di pesisir pantai yang merupakan jantung kota Porth Elisabeth dengan kapasitas 46.500 orang. Stadion yang memiliki pemandangan yang menakjubkan dan memiliki struktur atap yang unik tampak seperti kelopak bunga ini di desain oleh Architectural Design Associates (pty) Ltd & Dominic Bonnesse Architect cc.

10. Free State, Bloemfontein
Lapangan sepak bola yang dikenal dengan nama Vodacom Park ini juga digunakan sebagai lapangan olah raga rugby. Mengingat daya tampung penonton pada pertandingan piala dunia yang diperkirakan akan membludak, maka diadakan penambahan tempat duduk yang semula hanya memuat sekitar 45.000 orang ditambah menjadi 48.000 kursi.

Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar